Sunday 15 February 2015

Apa Beda Internet dan Intranet

Perbedaan atau persamaan antara internet dan intranet ~ Bagi sebagian besar penduduk yg berada diperkotaan telah ngga heran yang namanya internet, Dan dibeberapa tempat pedesaan juga telah banyak yg mengenal dan menggunakan internet sebagai bagian dari kemajuan teknologi terkini. Perbedaan Internet dan Intranet.

Nah, bila intranet mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang. Sebenarnya fungsi dasar keduanya merupakan sama, yaitu sama-sama menghubungkan komputer yg satu dengan komputer yg lain. Hanya saja ruang lingkup penggunaannya saja yang memberikan perbedaan antara internet & intranet.




Internet dan Intranet, pengertian internet itu sendiri merupakan jaringan komputer yg saling berhubungan antara komputer yg satu dgn komputer yang lain melalui protocol berstandar international agar dapat saling berinteraksi, bertukar info dan protocol tersebut kami kenal dgn istilah TCP/IP (Transmission Control Protocol Per Internet Protocol Suite ) Ruang lingkup yg dicapai merupakan tak terbatas,dan sangat luas dan hal ini pula yang menjadikan pemerintah kami bekerja extra utk membendung dampak negatif dari.internet tersebut.

Sedangkan pengertian Intranet merupakan suatu jaringan pribadi atau perusahaan yg menggunakan protocol internet utk berbagi informasi dlm lingkup lokal yg lebih kecil dan dlm penggunaannya kami kenal pula dgn beragam macam topologi jaringan, Misalnya penggunaan LAN diperkantoran, sekolah & lain sebagainya. Komponen yg membangun sebuah intranet antara lain protocol TCP/IP, Ip address, Client / Server. Pengertian Internet dan Intranet.



Jadi apa perbedaan antara internet dan intranet ?

Internet :

> Jaringannya menjangkau wilayah yang sangat luas

> User sangat banyak

> Dapat diakses kapan saja, oleh siapa saja serta dmn saja

> Berkecepatan tinggi berupa grafik, suara, video, teks

> Berkembang dengan cepat

Intranet :

> Jaringannya menjangkau wilayah lokal Per sekitar ( kecil Per sempit )

> User terbatas , berskala kecil

> Akses terbatas, cuma komputer tertentu yg dapat mengakses

> Perkembangnya relatif lebih lambat

> Biasa digunakan di perkantoran, sekolah

Nah, ada perbedaan, tentu ada persamaan juga, berikut ini sedikit coretannya :

Persamaan internet dan intranet :

1. Sama-sama berupa jaringan

2. Sama-sama hrs menggunakan komputer

3. Memiliki hubungan antar komputer

4. Utk membantu mengolah data

5. Sama-sama memerlukan alat penerima dan pengirim data

6. Media komunikasi dan penyimpanan data

Saat ini telah banyak sekolah yang menggunakan intranet di samping internet tentunya, Sebenarnya ada manfaat yang dapat didapat bila sekolah menggunakan intranet, antara lain :

> Membuat sistem pengajaran / pembelajaran di sekolah menjadi lebih mudah

> Bisa dipergunakan untuk lebih mengembangkan kurikulum yg berlaku

> Membantu siswa menambah ilmu pengetahuan / informasi

> Membantu siswa mengakses informasi dgn cepat

Dan manfaat lain dari penggunaan internet ialah dapat digunakan untuk berbagi pengalaman, ilmu pengetahuan, sirahturahmi bahkan untuk mencari uang di internet. Tentunya para blogger telah sangat paham dengan hal tersebut.

Nah, sekian dulu artikel perbedaan atau persamaan antara internet & intranet, semoga dapat memberikan manfaat. Salam sukses

Source : Apa Beda Internet dan Intranet

No comments:

Post a Comment